EXCELSIOR

Jum'at, 5 Agustus 2011 merupakan puncak dari Agripreneur 47. Acara yang dimulai pada pukul 06.30 WIB di pelataran gladiator IPB ini diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa Agribisnis 47 Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Hari ini acara dimulai dengan kegiatan simulasi bisnis yang telah dikonsep sedemikian rupa agar para peserta bisa memahami bagaimana situasi yang terjadi ketika mereka terjun langsung dalam dunia bisnis, seperti cara membuat struktur organisasi bisnis, cara mencari modal melalui beberapa sumber modal dan risiko yang dihadapi ketika memilih sumber modal tersebut, cara memproduksi produk dan mencari harga jual agar mendapat keuntungan maksimum, dan belajar memasarkan produk yang telah dibuat.

Acara selanjutnya yaitu pembukaan secara resmi yang dilakukan oleh Ketua Departemen Agribisnis FEM IPB, Dr. Ir. Nunung Kusnadi, MS, yang dilanjutkan dengan pengenalan dosen dan staf Departemen Agribisnis kepada mahasiswa Agribisnis 47. Prof. Dr. Bungaran Saragih yang merupakan guru besar Departemen Agribisnis dan juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian RI juga datang mengisi seminar, materi yang disampaikan cukup menarik minat para peserta yang ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang ingin bertanya kepada beliau. Selain menghadirkan Pak Bungaran, panitia juga menghadirkan beberapa alumni dari Departemen Agribisnis yang sudah sukses berwirausaha meskipun mereka baru saja lulus dari Departemen Agribisnis. Peserta juga diperkenalkan mengenai himpunan profesi yang ada di Departemen Agribisnis dan juga beberapa program kerja yang telah dan akan dilaksanakan.

Pada kesempatan kali ini, peserta juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan bakat yang dimiliki dalam sebuah drama dengan tema inti seorang agripreneur. Dalam drama tersebut, peserta diperkenankan menampilkan bakat lainnya seperti menyanyi, menari, ataupun membaca puisi. Acara diakhiri dengan adanya evaluasi yang dilakukan oleh tim komisi disiplin. Meskipun evaluasi dilakukan dengan nada suara yang sedikit lebih tinggi, tetapi hal itu bertujuan untuk membuat para peserta semakin disiplin dan juga semakin kompak. Tidak ada sedikit niatpun untuk balas dendam, hanya ada keinginan untuk membuat Agribisnis 47 menjadi semakin lebih baik. Acara secara resmi ditutup oleh sekretaris Departemen Agribisnis FEM IPB, Ir. Dwi Rachimna, M.Si. Peserta dan panitia bersuka cita dan bernyanyi bersama mengiringi berakhirnya Masa Perkenalan Departemen Agribisnis FEM IPB. Selamat datang Agribisnis 47 di Departemen Agribisnis.
AGB!
Groooooowing the future!

kelompok tani sagu Agripreneur 47
atas: ajeng, nada, septi, gaby, arumi, riany, caca
bawah: ryan, hadi, tedi, bagas, oshi

Categories: ,

Leave a Reply