EXCELSIOR

sebelum ngebahas mereka berdua, kita cari dulu pengertian masing-masing.
Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil (wikipedia,2011).
sedangkan hasil adalah sesuatu yang kita dapatkan dari suatu usaha yang telah dilakukan (tedi,2011).

masuk ke bagian inti ,
ga bisa dipungkiri, sebagian besar orang lebih banyak memperhatikan dan lebih mementingkan suatu hasil dibandingkan dengan proses yang dilalui untuk mendapatkan hasil tersebut. Mengapa demikian? banyak jawaban yang bisa ditemukan.
Hasil bisa menentukan seberapa efektif dan efisien kegiatan yang dilakukan seseorang, dengan melihat hasil kita bisa menilai dengan singkat apakah proses yang telah dilakukan sudah tepat atau belum. Jika hasilnya bagus, maka proses yang terjadi bisa dikatakan bagus juga, dan jika hasilnya buruk kemungkinan proses yang terjadi belum maksimal. Tetapi tidak sepenuhnya penilaian seperti itu akurat. Jika diambil contoh, banyak mahasiswa atau pelajar yang mempunyai kemampuan akademik yang baik, tetapi karena mereka terlalu sibuk dengan urusan nonakademik maka hasil yang diperoleh untuk akademik kemungkinan tidak bisa maksimum. Ada juga yang tidak pernah atau jarang belajar tetapi mendapatkan nilai yang baik saat ujian.

jadi, tidak sepenuhnya hasil menggambarkan proses.
tolong hargai semua hasil yang telah diperoleh, baik itu baik ataupun buruk, karena semua itu telah melalui proses yang bisa dikatakan tidak mudah.
so, do the best and be ikhlas :)

Categories: ,

Leave a Reply