EXCELSIOR

Sekarang mulai banyak orang yang hobi atau sekedar suka dunia fotografi. Ciri-ciri paling gampang yang nunjukin hal itu salah satunya makin banyaknya orang yang punya kamera single-lens reflex atau biasa disebut kamera SLR atau sekedar ngambil foto pake kamera digital atau bahkan kamera handphone. Banyak juga orang yang mengunggah foto mereka ke berbagai media di internet, dan akhirnya siapapun bisa ngeliat bahkan mungkin mengunduh foto tersebut. Jadi bukan hal aneh kalau suatu saat kita ngeliat foto yang kita ambil ada di komputer atau handphone orang lain.

Masalah yang kadang ada karena hal-hal yang disebutkan sebelumnya adalah perebutan hak cipta dari sebuah foto. Tidak adanya keterangan pada foto membuat siapapun bisa mengakui bahwa itu adalah foto mereka. Sebenarnya ada istilah watermarking yang salah satu fungsinya adalah Copyright-Labeling, yaitu metode untuk menyembunyikan label hak cipta pada data digital sebagai bukti otentik kepemilikan karya digital tersebut. Atau hanya sebagai Annotation/caption, yaitu watermarking hanya digunakan sebagai keterangan tentang data digital itu sendiri. Cara simple make watermark di foto yaitu penambahan logo atau tulisan di bagian foto utama.

Sebagian foto di blog ini juga ditambahin logo sekedar untuk nandain kalau foto itu memang hasil foto sendiri atau file foto dari temen, bukan hasil googling. Tapi engga semua foto karena alasan klasik, yaitu males ngeditnya lagi hehehe.

Untuk tahun ini udah direncanain ganti logo. Tapi lagi-lagi karena alasan malas, akhirnya baru hari ini jadi.


Logo kali ini sengaja dibikin simple, engga banyak huruf, engga banyak desain, dan engga banyak tambahan gambar atau logo lainnya. Cuma ada tiga huruf, tapi ketiganya dibikin pake jenis font yang beda dan juga perbandingan ukuran yang beda. Kalau ditanya kenapa milih font dan ukuran itu, jawabannya cuma karena suka. Engga ada arti khusus dari logo itu, cuma sekedar inisial dari nama sendiri. Tapi kalau ngeliat pake imajinasi (ditambah radar neptunus kalau ada :p) ada garis-garis yang bisa dihubungi terus ngebentuk huruf
t-e-d-i


Sumber Informasi Tambahan: Wikipedia

Categories: ,

Leave a Reply