EXCELSIOR


Sedikit sharing tentang hari ini, banyak hal yang terjadi hari ini, dari kesel sampai seneng, tapi biar lebih nyantai, share tentang yang seneng ajah mungkin ya :)
Siang tadi, ada sms mendadak yang isinya tentang halal bihalal bareng komunitas “1 juta buku untuk anak-anak Indonesia” yang acaranya ternyata siang itu juga di Jakarta. Tanpa pikir panjang dan kebetulan semua agenda hari ini batal, akhirnya mutusin untuk pergi.
Modal nekat karena belum pernah ke basecamp mereka, akhirnya kita pergi dengan dituntun oleh sms. Dimulai dari angkot, kereta, bis, sampai akhirnya jalan kaki keliling komplek, dan basecampnya pun ketemu.
Sedikit gambaran tentang komunitas tersebut, mereka memanggil siapa saja yang ingin terlibat dalam kampanye pembagian ’1 juta buku untuk anak-anak Indonesia’. Relawan, donatur, pendukung, penonton, siapa saja yang bermimpi melihat generasi berikutnya yang lebih baik. Mereka akan menjadi ‘perantara’ profesional donasi kalian. Bpk Bambang, misalnya, berniat menyumbangkan 10 buah buku ‘Serial Anak2 Mamak’, maka Bpk Bambang men-transfer ke rekening kami senilai 10 buku tersebut. Mereka akan membelikannya buku, memilih salah-satu sekolah (SMP & SMA) di seluruh Indonesia yang akan menerima sumbangan tersebut. Buku itu akan ditandai ‘Sumbangan Bpk Bambang’–atau sesuai permintaan donatur.
Sedikit ngobrol bareng salah satu pengurus, ternyata mereka baru dibentuk kurang dari satu tahun. Tetapi sudah ada 46 sekolah atau taman bacaan yang telah dikirim buku oleh mereka.
Memang belum terlalu besar, tetapi tidak ada manusia yang bisa menjadi dewasa tanpa melewati masa balita.

Satu hal lagi, sore tadi, setelah pulang dari basecamp komunitas 1 juta buku untuk anak-anak Indonesia, sempet nongkrong sebentar di masjid kampus Universitas Islam Jakarta sambil nunggu waktu ashar. Dan setelah masuk waktu sholat ashar, diminta ngelakuin sesuatu sama pengurus masjid, yang udah ga pernah dilakuin selama kurang lebih 10 tahun. Ada yang bisa nebak? Mengumandangkan adzan. Memang cuma hal sepele, tapi sore tadi juga baru sadar kalau selama ini jarang banget mengumandangkan adzan di masjid. Terakhir itu kalau ga salah waktu SD. Dan ada yang tahu rasanya? Gemeteran selama ngelakuinnya. Bukan cuma karena jarang adzan, tapi juga karena itu masjid di wilayah kampus yang basic­nya Islam. Jadi kalau salah sedikit ajah, mungkin bakalan diceramahin XD

Categories: , ,

Leave a Reply