EXCELSIOR

Singkat cerita, akhirnya ngambil keputusan untuk ikut di acara Seminar Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, dan Lomba Film Dokumenter Pertanian Nasional POPMASEPI 2012 di Universitas Sriwijaya Palembang dengan tema "Mengimplementasi Green Economy dalam Kegiatan Bisnis Guna Mengantisipasi Perubahan Iklim dan Kemiskinan". Awalnya memang daftar juga di LKTI, tapi belum berhasil lolos di seleksi tingkat Departemen Agribisnis, dan cuma ikut LFDPN.

Hari pertama datang di Palembang, kurang tidur dan akhirnya foto dengan tampang ngantuk.
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Hari pertama acara kali ini diisi dengan seminar nasional dengan tiga orang narasumber dari Dinas Pertanian, PT. Pupuk Sriwidjaja, dan Bank BNI.
Graha Bina Praja Palembang
Malam harinya, kegiatan diisi dengan perkenalan masing-masing delegasi dari setiap kampus yang mengirimkan perwakilan.
Wisma Atlet Jakabaring
Hari kedua acara merupakan pelaksanaan LKTI yang diadakan di Rektorat Universitas Sriwijaya. Peserta dibagi ke dalam dua kelompok dan pada lomba ini IPB mengirimkan dua tim yang keduanya memperoleh juara, masing-masing juara 1 yang diraih oleh kelompok Arif dan juara 3 oleh kelompok Raihan dan Mayank.
Rektorat Universitas Sriwijaya Inderalaya Palembang
Hari ketiga adalah pelaksanaan LFDPN yang diadakan di Gedung Teater Universitas Sriwijaya. Mungkin karena ada keberuntungan juga, tim IPB lagi-lagi mendapat juara pertama.
Gedung Teater Universitas Sriwijaya Inderalaya Palembang
Selesai dari Gedung Teater, peserta diajak berkeliling di Kampus Universitas Sriwijaya dan mampir di Gedung Fakultas Pertanian.
Kampus Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
Masih di hari ketiga namun pada malam harinya, peserta kegiatan pergi menikmati malam di salah satu ikon kota Palembang yaitu Jembatan Ampera. Banyak masyarakat yang berjualan disini, entah itu makanan maupun berbagai barang-barang lainnya.
Jembatan Ampera Palembang
Hari keempat kegiatan dilaksanakan di PT. Pupuk Sriwidjaja. Ada pemaparan dan tanya jawab dengan pihak Pusri yang dilanjutkan dengan berkeliling di area pabrik.
PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
Sore harinya, tidak ada kegiatan dari panitia. Delegasi IPB memutuskan untuk pergi ke Gelora Sriwijaya yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat menginap.
Gelora Sriwijaya Palembang
Selain itu juga ada Monumen Parmeswari yang terletak di depan gerbang Sriwijaya Sport Center.
Monumen Parmeswari Jakabaring
Hari terakhir kegiatan, peserta diajak panitia untuk pergi ke Pulau Kemaro.
Pulau Kemaro Palembang
Sore harinya, akhirnya kami kembali ke Jakarta. Banyak hal yang kami peroleh selama lima hari di Palembang. Pengalaman bertambah, teman bertambah, tapi sayang uang berkurang hehehe
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Categories: , ,

Leave a Reply